GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Tingkatkan Layanan Kesehatan bagi Warga Binaan, Lapas Tamako Ikuti Bimtek Watkesrehab

Wartanesia - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Tamako, Eduard Kaligis melalui Kepala Subseksi Pembinaan, Octavianus Mangune bersama satu orang staf mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Perawatan, Kesehatam dam Rehabilitasi (Watkesrehab) Jajaran Pemasyarakatan tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut), yang dilaksanakan di Hotel Roger’s manado, Rabu (21/02/2024).

Mengangkat tema “Kebutuhan Dasar, Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan”, kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) adalah mendapatkan perawatan dan pelayanan kesehatan. “Perlakukan pelayanan kesehatan bagi warga binaan dapat dipakai sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan di bidang hukum baik secara nasional maupun internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ronald Lumbuun menuturkan salah satu faktor yang mempengaruhi tercapainya derajat kesehatan para tahanan dan narapidana adalah keadaan sanitasi lingkungan sekitar Lapas/LPKA/Rutan. “Kondisi lingkungan yang sehat dapat mendukung tumbuhnya perilaku hidup sehat, mempengaruhi kesehatan jasmani maupun rohani, serta dapat terhindar dari efek yang merugikan bagi kesehatan,” tuturnya.

“Harapan Kami, Kegiatan Bimtek Watkesrehab ini dapat memberikan bekal ilmu bagi petugas Kesehatan dalam melakukan peran tugas di Lapas/Rutan/LPKA,” harap Ronald sekaligus menutup sambutannya.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 23 Februari ini, menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan dari Dinas Kesehatan kota manado.

- Lapas Tamako

Komentar0

Type above and press Enter to search.