GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Gencar Lindungi Kekayaan Intelektual di Sulawesi Tengah, Kanwil Kemenkumham Sulteng Gandeng Dinas Kebudayaan Sulteng

Wartanesia - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) gandeng Dinas Kebudayaan Provinsi Sulteng guna peningkatan pencatatan inventaris perlindungan kekayaan intelektual di Sulawesi Tengah, Rabu, (10/1/2024).

Hal tersebut diketahui saat Pelaksana Harian Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Herlina yang didampingi Kepala Subbidang Pelayanan KI, Aida Julpha Tangkere melaksanakan koordinasi bersama Disbud Sulteng yang saat itu disambut langsung oleh Kepala Dinas, Andi Kamal Lembah di Ruangan Kerjanya.

Herlina menyebut bahwa dengan memiliki keanekaragaman hayati, etnis dan budaya, Sulawesi Tengah memiliki potensi kekayaan intelektual yang melimpah, khususnya yang tergolong secara komunal seperti ekspresi budaya tradisional.

Ia menyebut hampir disetiap wilayah memiliki potensi kekayaan intelektual komunal (KIK), seperti halnya yang baru saja tercatat yakni tarian raigo dari Kota Palu.

“Tidak menutup kemungkinan dengan kerja sama secara komprehensif ini dapat lebih mengoptimalkan pencatatan KIK di wilayah kita, ada banyak potensi yang bisa kita gaungkan, namun tentu itu semua harus didasari komitmen kuat oleh berbagai pihak,” jelas Herlina.

Sementara itu, Andi Kamal pun menyambut baik atas rencana kerja sama tersebut, apalagi hal tersebut sangat menunjang dalam meningkatnya perlindungan setiap kekayaan budaya di Sulawesi Tengah.

“Tentu kita menyambut baik atas kerja sama ini, kita harus bersama-sama melestarikan dan melindungi setiap budaya yang kita miliki,” pungkas Andi Kamal.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng

Komentar0

Type above and press Enter to search.