GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Komitmen Tangguh Rutan Kelas IIB Pelaihari Dalam Membangun Budaya Integritas

Banjarmasin, INFO_PAS - Rutan Kelas IIB Pelaihari turut serta dalam kegiatan bertajuk "Penguatan Budaya Anti Korupsi dan Integritas di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel Tahun 2023," bersama Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Ahli Utama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Nugroho yang diikuti oleh seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan secara luring dan secara daring diikuti oleh jajaran Pemasyarakatan se-Kalsel yang berlangsung dari Kamis hingga Jum'at, 12-13 Oktober 2023. Acara ini dilaksanakan di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kamis (12/10).


Nugroho, yang menjabat sebagai PK Ahli Utama menjelaskan pentingnya muatan UU No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan yang menguatkan posisi pemasyarakatan sebagai entitas netral dalam Sistem Peradilan Pidana. Nugroho juga menjelaskan bahwa pemasyarakatan telah menjadi bagian integral dari proses penegakan hukum dan memberikan pelayanan, pembinaan, serta reintegrasi sosial narapidana.

Pemasyarakatan tidak lagi hanya tempat penahanan, melainkan juga fokus pada pendidikan, perawatan, dan perlindungan hak asasi manusia. Nugroho mendorong seluruh jajaran pemasyarakatan untuk memahami substansi UU tersebut dan memberikan pelayanan yang manusiawi, serta melindungi narapidana dari penyiksaan atau eksploitasi.


"Sebagai Insan Pemasyarakatan Sejati, Bapak Ibu harus mempelajari dan memahami, semua hal ini agar dapat melaksanakan tugas dengan baik," tutup Nugroho.

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari, Fani Andika, dan Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Pelaihari, M. Farurrazi. Selain itu, pejabat struktural dan staf Rutan Kelas IIB Pelaihari juga turut serta dalam kegiatan ini melalui platform virtual menggunakan Aplikasi Zoom Meeting.

Komentar0

Type above and press Enter to search.