GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Cara Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah, Orangtua Wajib Tahu !

Cara merawat bayi baru lahir di rumah sangat penting orangtua ketahui sebagai salah satu upaya parenting yang tepat. Karena, ibu sering mengalami kekhawatiran dan takut menyakiti si kecil saat mengasuh bayi baru lahir.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah

Khususnya untuk Mama muda yang baru akan memiliki bayi kecil. Tetapi tidak masalah, hal itu justru membuat rasa lebih hati-hati dalam mempertimbangkan perawatan yang tepat kepada si kecil.

Bagaimana cara merawat bayi baru lahir? Simak beberapa poin berikut ini :

1. Respon Menyusui Dini

Pertama kali lahir ke dunia, bayi hanya memiliki asupan makan dari susu ibu. Oleh karena itu, perawatan yang paling dasar adalah memenuhi asupan bayi dengan susu ibu. Jangan sentuh bayi dan menyangga ringan di bagian bokong.

Biarkan si kecil mencari putih susu ibu sendiri untuk membangun kontak dari kulit ke kulit sebelum proses menyusu. Setelah itu, baru bantu bayi menemukan putting untuk mulai menyusu.

2. Rawat Tali Pusar

Selain itu, ada perawatan lain yang perlu diperhatikan yaitu tali pusar. Setelah bayi lahir, plasenta akan dipotong dan tali pusar mendapat olesan antiseptic untuk mencegah infeksi.

Biarkan tali pusar terbuka agar lebih cepat kering secara alami. Tali pusar ini selama kehamilan menjadi penting karena sebagai penghubung sari makanan ibu untuk si kecil. Tetapi, untuk merawat pastikan tangan sudah steril terlebih dahulu.

3. Kontak Skin to Skin

Faktor apa saja yang harus diperhatikan pada bayi baru lahir? Penyesuain terhadap lingkungan. Oleh karena itu, setelah bayi lahir harus ada kontak skin to skin agar membantu si kecil beradaptasi dengan suhu lingkungan sekitar.

Saat berada di rahim, suhu optimal adalah 36,4 – 37,5 derajat. Setelah lahir, bayi akan berada di suhu lebih rendah dari suhu ibu. Apabila dibiarkan akan berisiko hipotermia (suhu tubuh rendah).

Oleh karena itu, untuk mencegah hipotermia ibu bisa melakukan kontak skin to skin dengan si kecil. Metode ini bertujuan untuk memberi kehangatan alami kepada bayi. Kulit ibu akan membantu bayi mendapatkan suhu stabil dengan cepat.

Sehingga, tips merawat bayi baru lahir di rumah ini sangat penting untuk setiap orang perhatikan.

Komentar0

Type above and press Enter to search.