GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Geliatkan Ekonomi Kerakyatan, Muspika Balung Bangkitkan Kembali Gerak Jalan "Gubatra"

 


JEMBER, MEDIAJEMBER.COM -- Guna membangkitkan ekonomi kerakyatan (UMKM), Muspika Kecamatan Balung, Kabupaten Jember,  membangkitkan kembali kegiatan gerak jalan Gubatra (Gumelar Balung Tradisional), yang merupakan Icon Balung pada beberapa tahun silam.

Gerak jalan yang digelar pada Sabtu pagi (29/10/2022), diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari Muspika Balung bersama jajaran, Pemdes se-kecamatan Balung, lembaga pendidikan, lembaga sosial dan kemasyarakatan, dan masyarakat umum.

"Pada tahun ini merupakan awal  kebangkitan gerak jalan Gubatra (Gumelar Balung Tradisional) yang merupakan Icon Balung yang sudah berjalan selama bertahun-tahun, kemudian sempat vakum sejak tahun 1997. Alhamdulillah pada tahun ini kami bisa mengakomodir keinginan masyarakat untuk membangkitkan Gubatra," jelas Camat Balung, Rachman Hidayat S. Sos.

Kata Rachmat, Gubatra sifatnya tradisional, maka rute yang dilewati peserta tidak harus di jalan raya. Peserta berjalan melewati jalan-jalan desa,  pemukiman masyarakat, dan terakhir finish di lapangan Balung.

"Gubatra diikuti oleh sekitar 800 peserta beregu dan perorangan. Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang kebersamaan dan silaturahmi antar masyarakat, dan yang terpenting dapat menghidupkan ekonomi Kerakyatan atau UMKM, baik di sepanjang rute ataupun di garis finish." Katanya.

Seorang pegiat Sosial, Cak Buarto SKB, menyatakan  kegembiraannya dapat mengikuti kegiatan ini. "Terima kasih kepada Muspika Balung yang telah mengakomodir keinginan masyarakat Balung untuk membangkitkan kembali Icon Balung yaitu Gubatra," pungkas Buarto. (*)

Komentar0

Type above and press Enter to search.