GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Rutan Pelaihari Gelar Apel Siaga 3+1 Jelang Idul Fitri, Pastikan Keamanan dan Ketertiban

Wartanesia - Jajaran Satuan Operasional Kepatuhan Internal Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pelaihari menggelar Apel Siaga 3+1 (Berantas Halinar) dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60, Jumat (5/4/2024).

Apel ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban di Rutan Pelaihari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Kegiatan diawali dengan apel kesiapan anggota yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Pelaihari, Fani Andika, diikuti oleh seluruh petugas Rutan dan bersinergi dengan Kepolisian Resor Tanah Laut, Komando Distrik Militer 1009 Pelaihari, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tanah Laut.

"Apel Siaga 3+1 ini kita laksanakan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan petugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Rutan Pelaihari, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri yang biasanya terjadi peningkatan jumlah pengunjung," kata Fani Andika.

Penegasan disampaikan bahwa "3 + 1" bukan sekadar slogan, tapi harus diimplementasikan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Deteksi dini harus dilakukan untuk mencegah berbagai masalah seperti narkoba, keributan, pelarian, dan sebagainya. Sinergitas dan hubungan baik dengan aparat penegak hukum terkait juga harus dipertahankan.

Apel Siaga 3+1 diawali dengan pemeriksaan kelengkapan dan kesiapan petugas, dilanjutkan dengan tes urine kepada 10 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan 5 orang petugas Rutan.

Selanjutnya, petugas gabungan melakukan penggeledahan pada setiap sudut kamar hunian di Rutan Pelaihari. Penggeledahan ini dilakukan secara teliti dan humanis untuk memastikan tidak ada benda/barang terlarang yang disimpan oleh WBP.

Fani Andika mengapresiasi sinergi yang baik antara Rutan Pelaihari dengan aparat penegak hukum lainnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia sebagai bentuk komitmen Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam mewujudkan pemasyarakat.

- Rutan Pelaihari

Komentar0

Type above and press Enter to search.