GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Tim Medis Lapas Amuntai Skrining Kesehatan Kepada Tahanan Baru Guna Deteksi Dini Penyakit Menular

Wartanesia - Lapas Kelas IIB Amuntai kembali kedatangan tahanan baru. Seperti biasa, Lapas Amuntai memberlakukan skrining kesehatan bagi tahanan yang baru masuk ke dalam Lapas. Skrining kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan tahanan baru dan mendeteksi jika ada riwayat penyakit, Sabtu (03/02/2024).

Skrining kesehatan pada tahanan baru dilakukan oleh tenaga kesehatan Lapas Amuntai, meliputi skrining, Suspek TBC, Hepatitis C dan HIV. Serangkaian tes ini bermanfaat untuk mencegah penularan penyakit antar tahanan yang berada di dalam Lapas, juga mengantisipasi gangguan kesehatan para warga binaan baru tersebut nantinya.

Perawat di Lapas Amuntai, Nina Noviyanti, “Penerapan tersebut diberlakukan bagi tahanan baru yang dilimpahkan ke Lapas Amuntai guna mendeteksi adanya tanda-tanda dari penyakit Suspek TBC, Hepatitis C dan HIV” jelas nya.

Nina mengungkapkan selain dilakukan skrining kesehatan, tahanan baru diberikan pengarahan dan sosialisasi yang dilakukan oleh tim tenaga kesehatan Lapas Amuntai. Salah satunya, apabila ada WBP yang sakit maka penghuni lain bisa segera melaporkan ke petugas jaga atau komandan jaga untuk menghubungi petugas kesehatan Lapas Amuntai. 

Kepala Lapas Amuntai, Jupri, menjelaskan, “Mengingat berbagai macam orang yang masuk ke lingkungan Lapas Amuntai dapat meningkatkan resiko penularan bakteri atau penyakit, sehingga Lapas Amuntai wajib menerapkan SOP penerimaan tahanan baru tentu dengan mengutamakan protokol kesehatan, salah satunya dengan melakukan skrining kesehatan” tuturnya

- Lapas Amuntai

Komentar0

Type above and press Enter to search.