GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Lapas Narkotika Nusakambangan Terima Penghargaan Penyelenggara Rehabilitasi Narkotika

Wartanesia - Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Nusakambangan terima penghargaan Satuan Kerja Terbaik Penyelengara Rehabilitasi Narkotika. Piagam diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah pada acara Evaluasi Kinerja dan Refleksi Akhir Tahun 2023 yang bertempat di Hotel Dafam Wonosobo, Rabu (27/12/23).

Penghargaan ini diraih Lapas Narkotika Nusakambangan atas pelaksanaan penyelenggaraan Rehabilitasi Narkotika bagi WBP Tahun 2023. Disaksikan jajaran Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, piagam penghargaan diterima Kepala Lapas Narkotika Nusakambangan (Rindra Wardhana).

“Rehabilitasi narkotika bagi WBP di UPT  Pemasyarakatan merupakan bagian dari proses pembinaan dan perawatan kesehatan. Oleh karena itu, layanan rehabilitasi narkotika harus terintegrasi dengan layanan pembinaan dan pelayanan kesehatan yang tersedia di UPT Pemasyarakatan sehingga dalam mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sinergi antara lembaga terkait untuk menangani bersama-sama khususnya dengan BNN,” ujar Kalapas.

Rehabilitasi narkotika merupakan bagian dari proses pembinaan dan perawatan kesehatan. Hal ini sejalan dengan fungsi pemidanaan yang bukan lagi sebagai penjeraan namun sebagai upaya rehabilitasi dan reintegrasi sosial narapidana agar dapat kembali ke dalam masyarakat secara sehat. Layanan rehabilitasi narkotika tersebut mencakup rehabilitasi sosial dalam rangka pemulihan fisik dan mental pada kondisi sebelumnya bagi penyalahgunaan dan/atau pecandu narkotika untuk pulih, produktif, dan berfungsi sosial di masyarakat.

- Lapas Narkotika Nusakambangan

Komentar0

Type above and press Enter to search.