GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Kemah Bakti Pramuka, Kanwil Kemenkumham Sulteng Dorong Prestasi ABH di LPKA Palu


Wartanesia - Kemah Bakti Pramuka, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) dorong prestasi Anak Binaan atau Anak Berhadapan Hukum (ABH) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu, Jum’at, (15/12/2023).

Hal tersebut ditegaskan guna mendukung proses tumbuh kembang seluruh ABH di LPKA Palu guna meraih berbagai prestasi, khususnya dalam dunia kepanduan yang pembinaannya sendiri bekerja sama langsung dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Palu.

“Yaa, ini menjadi komitmen kita agar anak-anak kita dapat meraih prestasinya,” jelas Irpan, Kepala Bidang Pembinaan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Irpan yang diketahui sebelumnya menjabat sebagai Kepala LPKA Palu, yang juga merupakan pencetus awal mulanya Gugus Depan Pangkalan Pramuka LPKA Palu mengungkapkan apresiasinya atas keseriusan ABH dalam menjalani pembinaan sehingga dapat menoreh prestasi hingga ke tingkat nasional.

“Bangga! tentunya keaktifan kepramukaan ini membuktikan bahwa fungsi pemasyarakatan berjalan baik dan lancar, kita terus mendorong agar prestasi terus diraih, kita hentikan stigma negatif masyarakat, kalau anak yang berhadapan hukum itu tidak bisa berprestasi, mereka juga bisa,” tambahnya.

Didampingi oleh pejabat pengawas pada Divisi Pemasyarakatan, serta Kepala Seksi Pembinaan LPKA Palu, Ida Bagus, Irpan pun meninjau langsung proses kemah bakti pramuka yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Kawatuna, yang saat itu diikuti oleh berbagai komunitas pemuda di Kota Palu.

Berbagai agenda kegiatan pun diikuti oleh para ABH LPKA Palu yang bukan hanya menambah wawasan keilmuannya. Namun, turut menguatkan eksistensi dari seluruh ABH dalam bersosialisasi bersama para pemuda di Kota Palu. Hal tersebut tentu sangatlah baik guna mendukung suksesnya proses reintegrasi sosial bagi mereka.

“Ada 8 orang anak, tentunya hal ini telah melalui berbagai pemenuhan persyaratan pengeluarannya, dalam mendampingi pun kita tidak menujukan identitas, ini semua adalah untuk memenuhi hak-hak mereka semua. Kami juga sangat senang, bahwa anak-anak kita dapat bersosialisasi baik bersama pemuda lainnya,” tutup Ida Bagus.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng

Komentar0

Type above and press Enter to search.