GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Segera Diresmikan, Dirjenpas Reynhard Silitonga Tinjau Kesiapan Tiga Lapas Baru di Nusakambangan

Segera Diresmikan, Dirjenpas Reynhard Silitonga Tinjau Kesiapan Tiga Lapas Baru di Nusakambangan
Wartanesia - Peresmian tiga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) baru di pulau Nusakambangan semakin dekat. Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard Silitonga, tekankan tujuh poin penting harus dituntaskan sebelum ketiga Lapas baru tersebut resmi beroperasi.

"Seluruh kunci harus dibawa oleh penanggungjawab, dan dilarang untuk diletakkan di sembarang tempat. Sebagai antisipasi adanya trouble, kunci manual tetap disiapkan, juga bagaimana agar besi tidak memuai sehingga nantinya dapat menyebabkan pintu otomatis tidak bisa terbuka?," ujarnya saat lakukan kunjungan ke Lapas Gladakan, Sabtu (11/11).

Lebih jauh dirinya meminta penambahan CCTV untuk memudahkan petugas pada ruang kontrol agar dapat melakukan pengamatan perilaku Warga Binaan baik pada ruang teknis maupun area depan. Selain itu, dirinya juga meminta agar segera disipakan alat komunikasi berupa HT dengan jangkauan yang luas sehingga komunikasi antar petugas berjalan lancar.

Rombongan yang terdiri atas Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah, Tejo Harwanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kadiyono, juga Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Eks-Karesidenan Banyumas, juga menyambangi area dapur. Ketersediaan air bersih dan peralatan untuk memasak yang sesuai standar menjadi perhatian.

Dalam hal pemenuhan Barang Milik Negara (BMN), Dirjenpas menyarankan agar berkoordinasi dengan dengan Direktorat Jenderal Imigrasi, Kekayaan Intelektual hingga Administrasi Hukum Umum perihal transfer BMN.

Dirjenpas juga memberikan arahan kepada Kepala Lapas baru agar memberikan pelatihan kode-kode pada kamera pengawas agar seluruh petugas jaga dan petugas ruang kontrol mengerti instruksi yang diberikan sesama tim melalui CCTV.

Terakhir, Reynhard dan jajaran meninjau tiap blok hunian guna memastikan sarana prasarana serta pintu-pintu kamar hunian berfungsi dengan baik.

Di pulau penjara ini akan terdapat tiga Lapas baru, yaitu Lapas Kelas IIA Gladakan, Lapas Kelas IIA Ngaseman dan Lapas Kelas IIB Nirbaya. Rencananya ketiga Lapas tersebut dalam waktu dekat akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. 

Di Jawa Tengah sendiri selain tiga Lapas baru di Nusakambangan, terdapat satu UPT Pemasyarakatan baru yang direncanakan akan rampung dan siap dioperasionalkan pada tahun 2024 yaitu Rumah Tahanan Negara Kelas I Semarang.

Kontributor: LPN Nusakambangan

Komentar0

Type above and press Enter to search.