GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Sambangi Lapas Narkotika Karang Intan, Kakanwil Apresiasi Program Kemandirian Warga Binaan

Wartanesia – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Faisol Ali, sambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Sabtu (18/11). Kunjungan orang nomor satu di Kemenkumham Kalimantan Selatan ini dalam rangka melihat lebih dekat pelaksanaan program kemandirian yang dilangsungkan Lapas Narkotika Karang Intan untuk warga binaannya.

 

“Program kemandirian yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan sudah sangat baik, sekilas dapat dilihat dari ikan ikan yang ada di kolam perikanan maupun burung-burung yang terdengar pada penangkaran murai, yang posisinya bisa langsung dilihat ketika kita berada di saung sarana asimilasi dan edukasi (SAE) Lapas,” ungkap Faisol.

 

Dirinya kemudian berbincang santai dengan jajaran struktural Lapas Narkotika Karang Intan sembari menikmati asrinya lingkungan SAE. Berbagai topik pembicaraan mengalir dengan sendirinya, sambil diselingi canda tawa dari masing-masing yang terlibat dalam diskusi.

 

Lapas Narkotika Karang Intan menyelenggarakan berbagai program kemandirian untuk warga binaan, dibina oleh Seksi Kegiatan Kerja. Program kemandirian tersebut diantaranya perikanan, perkebunan, peternakan, pembuatan kain sasirangan, dan lainnya. Semua itu dilakukan untuk membekali keterampilan bagi warga binaan sebagai modal sebelum mereka kembali ke masyarakat nanti.

 

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, sambut hangat kunjungan yang dilakukan Kakanwil di satuan kerja yang dipimpinnya. Ditegaskan Wahyu, program kemandirian yang dilaksanakan satuan kerja nya dalam rangka melaksanaan fungsi Pemasyarakatan dengan sebaik-baiknya.

 

“Kita melaksanakan fungsi pemasyarakatan, bagaimana kita membina warga binaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, lebih bernilai sehingga tercapainya tujuan reintegrasi sosial yang diharapkan mampu memulihkan hubungan hidup, kehidupan dan penghidupan warga binaan,” urai Wahyu.

 

Dirinya juga menegaskan komitmen jajaran Lapas Narkotika Karang Intan untuk senantiasa melaksanakan program pembinaan sebaik-baiknya, yang diharapkan dapat memberi manfaat dan dampak yang luas baik bagi warga binaan, masyarakat dan organisasi.

 

“Lapas Narkotika Karang Intan berkomitmen untuk selalu melakukan yang terbaik, untuk kebermanfaatan yang lebih luas,” pungkasnya. (arb/ysf)

Komentar0

Type above and press Enter to search.