GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Bersama Pemda, Kanwil Kemenkumham Sulteng Rencanakan Program Peningkatan Kesadaran Hukum dan HAM

Wartanesia - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Sulteng rencanakan program peningkatan kesadaran hukum dan ham di tengah-tengah masyarakat, Kamis, (30/11/2023).

Hal tersebut menjadi perbincangan, saat Kanwil Kemenkumham Sulteng yang diwakili oleh Kepala Bidang HAM, Mangatas Nadeak, Kepala Subbidang (Kasubid) Kekayaan Intelektual, I Nyoman Sukamayasa, Kasubid Pemajuan HAM, Suzana Eva Silo beserta para staf melaksanakan koordinasi bersama Kepala Biro Hukum Pemda Sulteng, Adiman, di Ruang Kerjanya.

Koordinasi tersebut membahas berbagai rencana aksi bersama dalam mewujudkan serta meningkatkan kesadaran hukum dan ham di wilayah Sulawesi Tengah, kedua pihak diketahui telah berkomitmen untuk menindaklanjuti perencanaan tersebut ke tahap penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman yang nantinya akan dicanangkan langsung oleh Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura bersama Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar.

“Kemenkumham dan Pemda Sulteng adalah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan, kolaborasi dan sinergitas akan terus kita tingkatkan, ketertiban dan perlindungan hukum serta ham bagi masyarakat harus terus kita fokuskan,” jelas Nadeak.

Sementara itu, Adiman pun sangat bersyukur atas koordinasi tersebut, ia menyebutkan bahwa melalui kerja sama yang dibangun, beragam pencapaian baik mesti dihasilkan.

“Pastinya kita sangat bangga dengan kerja sama yang telah kita lakukan, apalagi melalui hal ini sangat berdampak baik bagi majunya daerah kita,” terang Adiman.

Diketahui, melalui kerja sama yang dibangun, puluhan program aksi telah dihasilkan oleh kedua pihak, dari persoalan perlindungan hukum hak kekayaan intelektual, pendirian badan hukum di masyarakat, kenotariatan, pemajuan hingga perlindungan hak asasi manusia. 

Hal itu akan terus ditingkatkan, utamanya pada peningkatan kesadaran hukum dan ham yang dimasyarakat, yang dinilai akan sangat berkontribusi banyak bagi terciptanya wilayah Sulawesi Tengah yang kondusif.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng

Komentar0

Type above and press Enter to search.