GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Cegah Radikalisme Bersama, Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Penyuluhan Hukum Kepada Pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat

PALU_Cegah pemahaman radikalisme, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) menggelar penyuluhan hukum kepada para pemuka agama dan tokoh masyarakat di Sulawesi Tengah, Rabu, (18/10/2023) pagi.


Ditempatkan di Ruang Garuda Kanwil, kegiatan yang turut melibatkan TNI/Polri serta dihadiri sekurangnya 30 peserta dari 5 pemuka agama dan berbagai perwakilan tokoh masyarakat dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar.

Didampingi oleh para kepala divisi, pejabat administrator dan pengawas serta para penyuluh hukum Kanwil, Kakanwil mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk  menyamakan persepsi antara elemen masyarakat dalam gerakan anti radikalisme.


“Hari ini kita berkumpul bersama dalam semangat saling belajar, walaupun berasal dari suku, rasa, golongan dalam masyarakat bahkan agama yang berbeda-beda tapi kita semua mempunyai tujuan yang sama yakni persatuan dan kesatuan bangsa dalam ikatan Bhineka Tunggal Ika yang kokoh,” buka Kakanwil.

Kakanwil Hermansyah menambahkan bahwa melihat histori Sulawesi Tengah, tentu tidak dapat dipisahkan dari adanya gerakan-gerakan yang dapat memecah belah persatuan, ia meminta agar seluruh komponen dapat bersatu untuk menyuarakan gerakan anti radikalisme di tengah-tengah masyarakat.

“Kita semua mesti menjadi agent yang terus menyuarakan pentingnya toleransi dan saling menghargai satu sama lain,” tambahnya.

Menghadirkan narasumber dari Komando Resor Militer 132 Tadulako yang diwakili oleh Laminingsih selaku paut undang/Lahkara dan Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Mat Syukri selaku Ps. Kasibdhit binkamibmas pun berjalan dengan atraktif, seluruh peserta menerima berbagai materi mengenai strategi tangkal maupun tanggulangi paham radikalisme.

“Mari saling menguatkan tugas dan fungsi antar institusi, peran serta para pemuka agama dan tokoh masyarakat sekalian juga menjadi unsur yang paling penting untuk menyukseskan upaya kita. Semoga saja kita bisa hidup bisa aman dan damai selalu,” pungkasnya.

Komentar0

Type above and press Enter to search.