GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Tim Humas Rutan Pelaihari Siap Tangani Krisis Pemasyarakatan dengan Profesionalisme

Tim Humas Rutan Pelaihari Siap Tangani Krisis Pemasyarakatan dengan Profesionalisme

Karang Intan, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pelaihari mengikuti kegiatan Sosialisasi Manajemen Komunikasi Krisis Pemasyarakatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan pada Rabu (27/09). Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Sri Yuwono, turut serta untuk membagikan strategi menghadapi situasi krisis.

Acara ini dihadiri oleh seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Kalimantan Selatan beserta tim Humas mereka yang hadir secara Luring maupun Daring. Sri Yuwono mengawali arahannya dengan menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari strategi komunikasi humas pemasyarakatan untuk memperkuat pemahaman, membangun ketertarikan dan keterlibatan publik, serta mendukung pembuat kebijakan dalam implementasi sistem Pemasyarakatan.

Sosialisasi manajemen komunikasi krisis pemasyarakatan di Kalimantan Selatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan "Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan: Manajemen Komunikasi Krisis Pemasyarakatan, Bangun Citra dan Reputasi Positif Pemasyarakatan untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia PASTI" yang diadakan di Jakarta pada 6 - 8 September 2023.

Sri Yuwono menekankan kepada Kepala UPT dan tim Humas bahwa mereka harus mampu mengelola informasi dan isu strategis Pemasyarakatan untuk mencegah terjadinya krisis, serta dapat mengambil tindakan tepat jika krisis terjadi di satuan kerja yang mereka pimpin.

"Krisis ini merupakan ancaman serius terhadap kelancaran tugas, fungsi, dan operasi pemasyarakatan. Jika tidak ditangani dengan cermat, dapat berdampak serius terhadap konsekuensi bagi pemasyarakatan, termasuk keamanan dan keselamatan publik, kerugian atau kerusakan fasilitas UPT, serta reputasi dan kepercayaan publik," tambahnya.

Secara khusus, Sri Yuwono juga meminta Lapas Narkotika Karang Intan untuk mendampingi seluruh UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan dalam hal teknis saat terjadi krisis, mulai dari pengisian formulir self-assessment krisis hingga pembuatan siaran pers.

Salah satu anggota tim Humas Lapas Narkotika Karang Intan, Arbiansyah, yang telah mengikuti kegiatan pembentukan agen informasi dan publikasi pemasyarakatan di Jakarta, turut berbagi pengalaman dan pengetahuan yang didapat. Dirinya menyatakan kesiapannya untuk mendampingi tim Humas UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan.

"Kegiatan ini adalah permulaan, dan akan ada pelatihan lanjutan bagi kontributor UPT. Kami ingin bersama-sama dapat merespons situasi krisis di mana peran Humas sangat diperlukan. Kami, tim Humas Lapas Narkotika Karang Intan, berkomitmen untuk siap mendampingi, berbagi, berdiskusi, dan berbagai hal lainnya bersama kontributor UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan," tegas Arbiansyah.

Kontributor: Tim Humas Rutan Pelaihari

Komentar0

Type above and press Enter to search.