GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Skrining Kesehatan, Langkah Awal Cegah Penularan Penyakit TBC di Lapas

Skrining Kesehatan, Langkah Awal Cegah Penularan Penyakit TBC di Lapas

PALU - Semangat melayani Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terus ditunjukkan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah beserta jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dilingkungannya. Hal itu terlihat dari dilaksanakannya kegiatan Skrining Tuberculosis (TB) gratis yang merupakan Langkah awal cegah penularan TBC di Lapas.

Skrining TBC tersebut diadakan di Aula Lapas Kelas IIA Palu yang ditangani langsung oleh penasehat Pernakes Pengayoman, dr. Monalisa Manik, M. ked, Sp. KK., beserta tim. Sebelum dilakukan skrining, seluruh WBP pria diberi penyuluhan tentang TB. Serta cara penularannya oleh tim Pernakes Kemenkumham Sulteng.

dr. Monalisa mengungkapkan bahwa kegiatan ini jadi salah satu bentuk layanan prima di bidang kesehatan. Khususnya ditujukan kepada penghuni baru dan narapidana yang beresiko tertular TB. 

“Tujuannya, agar WBP yang mengidap TB bisa ditemukan sejak dini dan dapat segera diobati. Sehingga tidak terjadi penularan TB di dalam Lapas maupun Rutan. Tentunya Ini sebagai bentuk antisipasi, agar seluruh WBP dalam keadaan sehat," Jelasnya.

Bakteri penyebab TBC umumnya menyerang dan menginfeksi organ paru-paru. Tapi, bisa juga menyerang organ tubuh lain, antara lain ginjal, otak dan tulang belakang. Pemeriksaan awal yang dilakukan tim merupakan gold standar dalam penyakit TBC mengingat masih banyak WBP yang belum memahami gejala awalnya. 

(HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM SULTENG)

Komentar0

Type above and press Enter to search.