GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Indonesia sudah Siap Redenominasi Rupiah? Ini Tanggapan BI

Bank Indonesia sudah mulai bersiap-siap untuk redenominasi rupiah, akan tetapi tidak terlalu terburu-buru. Redenominasi adalah pengecilan atau penyederhanaan nilai mata uang jadi lebih kecil. Penyederhanaan tanpa mengubah nilai tukarnya.

Tanggapan Bank Indonesia terhadap Redenominasi Rupiah

Arti secara sempitnya, redenominasi mata uang rupiah menghilangkan nol yang berada pada belakang mata uang rupiah yang sudah ada. Redenominasi mata uang rupiah berbeda dengan pemotongan nilai rupiah yang terjadi pada tahun 1959 silam.

Tujuan redenominasi untuk meningkatkan kepercayaan dunia terhadap rupiah sekaligus mencegah terjadinya kendala teknis akibat jumlah digit besar dalam sistem pencatatan keuangan.

Mengutip dari akun Instagram Bank Indonesia ataupun beberapa video yang beredar bahwa Bank Indonesia menyatakan sudah siap melakukan redenominasi.

“Implementasi redenominasi masih perlu melihat momentum yang tepat dan belum dilakukan dalam waktu yang dekat,” kutipan pada akun Instagram resmi BI, Kamis 6 Juni 2023.

Selain itu, penegasannya disampaikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers pada Minggu 23 Juni 2023 mengenai redenominasi rupiah 2023. “Mengenai redenominasi, kami dari dulu siap.”

Akan tetapi, tetap saja Bank Indonesia menyerahkan sepenuhnya terhadap pemerintah. Menurut beliau, pemerintahlah yang paling memahami dan mengerti kondisi Indonesia saat ini.

Kendati demikian, Bank Indonesia telah melakukan berbagai macam upaya berupa kajian atas redenominasi ini. Perubahan harga rupiahnya sudah jelas dan lengkap tertuang dalam kajian Bank Indonesia.

Menurut Bank Indonesia pula, redenominasi bisa membutuhkan kondisi ekonomi yang stabil dan tentunya menuju ke arah ekonomi yang lebih sehat. Pengalaman dari negara lain menunjukan adanya beberapa pengaruh.

Pengaruh yang menunjukkan keberhasilan redenominasi menuntut sebuah ekonomi untuk stabilitas makroekonomi terjadi. Tidak hanya itu, butuh juga inflasi yang terkendali, kondisi fiskal dan nilai tukar mata uangnya.

Selain itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo juga menyatakan pihak Bank Indonesia sudah mulai melakukan persiapan rencana termasuk menyangkut desain uang baru untuk redenominasi mata uang rupiah.

“Masalah desainnya, kemudian juga masalah tahapannya, itu juga kami sudah siapkan sejak dari dulu secara operasional dan kemudian bagaimana bentuk, langkah-langkahnya,” penuturan Gubernur Bank Indonesia.

Komentar0

Type above and press Enter to search.