GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Sri Mulyani : Utang Indonesia ke IMF Sudah Lunas

Menanggapi ucapan Menteri Investasi atau Kepala BKPM Bahlil Lahadalia terkait utang Indonesia ke Dana Moneter Internasional (IMF), Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa utang ke IMF sudah sejak lama lunas.

Informasi Lengkap Mengenai Utang Indonesia ke IMF

Akan tetapi, isu utang negara muncul kembali ke permukaan usai IMF meminta pemerintah Indonesia menghapus bertahap kebijakan larangan ekspor nikel. Dalam arti, Indonesia diminta membuka kembali ekspor nikel dan mineral lain.

“Yang saya heran itu soal utang Indonesia ke IMF muncul kembali. Itukan program IMF tahun berapa? 1997-1998 atau 2000 awalan waktu itu kan sudah dilunasi semua,” ucap Sri Mulyani, Selasa 4 Juli 2023.

Sudah jelas bahwa informasi yang beredar menyebutkan utang total Indonesia pada IMF sejak lama lunas. Bahkan, Sri Mulyani bingung karena persoalan utang negara muncul kembali.

Karena pasalnya sudah sejak lama, yaitu 15 tahun lebih utang negara lunas ke IMF. “Memang sudah lama sekali, kok kenapa sekarang tiba-tiba muncul?” ucap Sri Mulyani.

Lebih lanjutnya, persoalan utang Indonesia 2023 ke IMF yang menjadi ramai ini, terkait dengan rekomendasi yang pemerintah sampaikan. Termasuk di antaranya pencabutan izin bertahap larangan melakukan ekspor nikel.

Menurut beliau, IMF mempunyai hak menyampaikan rekomendasinya. Akan tetapi pemerintah tetap mempunyai sikap sendiri.

Pemerintah Indonesia  yang mengambil kebijakan tersebut mampu membantu memperkuat neraca pembayaran Indonesia.

“IMF boleh punya pandangan, itu namanya article IV mereka. Indonesia punya kebijakan yang tujuannya untuk perkuat struktur industry kita,” imbuhnya.

Mengacu pada data yang ada, total utang Indonesia dalam rupiah ke IMF kala itu setara dengan Rp 136,5 triliun. Hal tersebut, juga SBY sampaikan melalui laman resmi Facebook pada tahun 2013 sebagai bentuk klarifikasi.

Oleh sebab itu, adanya klarifikasi atas kabar bahwa pemerintah Indonesia belum menyelesaikan utang ke IMF.

Dari laman lain yaitu BKPM menyampaikan Indonesia telah melunasi seluruh utangnya, setelah melakukan pembayaran tahap kedua sebesar US$3,2 triliun Oktober 2006.

Kemudian, Juli 2006 Bank Indonesia telah melakukan pembayaran tahap pertama utang negara Indonesia ke IMF senilai US&3,75 miliar.

Komentar0

Type above and press Enter to search.