GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Panen Buah Anggur di Kebun Rupbasan Palu, Teknik Pengolahan Akan Diterapkan di Sejumlah Lapas

 Kakanwil Kemenkumham Sulteng Panen Buah Anggur di Kebun Rupbasan Palu, Teknik Pengolahan Akan Diterapkan di Sejumlah Lapas


PALU_Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Budi Argap Situngkir Panen Buah Anggur di Kebun Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Palu, teknik pengolahannya pun akan diterapkan pada sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Sulteng, Rabu, (5/7) siang.

Sebelumnya, Kakanwil sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada kreatifitas yang dilakukan oleh seluruh jajaran Rupbasan Palu yang dipimpin oleh Usman atas pemanfaatan lahan kosong sebagai area perkebunan guna meningkatkan produktifitas hingga kesehatan lingkungan bahkan masyarakat sekitar.

“Tentu di Rupbasan ini sangat menitik beratkan pengawasan terhadap barang mati yang sangat butuh konsentrasi untuk menjaga dan merawatnya, kreatifitas dalam pemanfaatan lahan kosong sebagai area perkebunan ini sangat baik, disamping meningkatkan produktifitas juga dapat bermanfaat bagi kesehatan lingkungan hingga kita sebagai manusia,” ungkap Kakanwil.

Dengan didampingi oleh sang Istri, Ny. dr. Monalisa Manik, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Ricky Dwi Biantoro, Kepala Lapas Palu Gunawan beserta istri, Kepala Rutan Palu Yansen, Kakanwil pun disambut langsung oleh Kepala Rupbasan Palu Usman bersama sang Istri, Herlina yang juga merupakan Kepala Bagian Pelayanan Hukum pada Kanwil Kemenkumham Sulteng serta seluruh jajarannya.

“Hasil dari kebun Anggur ini sangatlah lezat, karena memang pengolahannya benar-benar alami dan dirawat dengan setulus hati oleh seluruh jajaran, hasilnya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar juga, kan mereka adalah bagian kita,” tambahnya.

Senada, Kadivpas pun sangat senang dengan hasil panen tersebut, ia berharap agar teknik pengolahannya dapat diterapkan juga pada sejumlah Lapas dan Rutan di Sulteng.

“Kita akan coba memikirkan agar apa yang dihasilkan Rupbasan dapat kita terapkan juga di Lapas kita, ini sangat baik bagi pembinaan kemandirian Narapidana kita disana, kalau beruntung bisa berguna juga untuk pendapatan negara,” kata Kadivpas.

Berhasil meraup jumlah panen yang meningkat, Karupbasan Usman yang saat itu juga berulang tahun berharap agar perkebunan tersebut dapat terus bermanfaat bagi masyarakat.

“Disetiap ruangan kami menampilkan ajakan untuk terus memberi manfaat kepada sesama, semoga kebun ini terus berbuah dan bermanfaat bagi masyarakat. Kita mau meninggalkan hal-hal terbaik,” pungkasnya.

Humas Kanwil Kemenkumham Sulteng

Komentar0

Type above and press Enter to search.