GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Tim Vaksinator PMI Ikuti Pelatihan Praktek System Vaksinasi

Suasana pelatihan praktek system Vaksinasi di Puskesmas Mangli 

Jember, mediajember.com -- PMI Kabupaten Jember mengirimkan Tim Vaksinator  mengikuti pelatihan dan belajar praktek system vaksinasi kepada dinas kesehatan (Dinkes) Jember di Puskesmas Mangli.

Tim yang terdiri dari unsur klinik, markas dan unit donor darah  (UDD) PMI pusat ini nantinya akan ikut mempercepat vaksinasi dengan menyelengarakan Program Sentra Vaksinasi PMI dari PMI Pusat.

"Sudah tiga hari ini tim vaksinasi PMI Kabupaten Jember belajar praktik system vaksinasi di Puskesmas Mangli yang sudah berpengalaman, tujuannya nanti agar pelayanan vaksinasi yang dilakukan PMI Kabupaten Jember lancar dan tidak ada hambatan," ungkap Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH, Selasa (05/10/2021).

Menurut Zaenal, PMI memiliki tenaga kesehatan yang dinilai mampu menyelenggarakan vaksinasi, dan selama ini sifatnya hanya membantu dalam kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan berbagai pihak, termasuk yang diselenggarakan oleh Dinkes dan Puskesmas.

Tentu PMI juga  kerjasama dengan Dinkes Kabupaten Jember. Bahkan, Kepala puskesmas Mangli Kecamatan Kaliwates dr Dina Nurul Agustina ikut mendampingi.

Dalam acara belajar praktek vaksinasi tersebut Tim vaksinator PMI Kabupaten Jember dipimpin oleh Kepala Klinik Pratama PMI drg Ayu Dwi Anggraheni, dan didampingi Kepala Puskesmas  Mangli Kecamatan Kaliwates, dr Nurul Agustina.

Pada kesempatan tersebut Tim Vaksinator PMI bisa belajar langsung kepada puskesmas Mangli yang sedang melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat umum, meskipun  sebenarnya tim vaksinator PMI sudah belajar di internal untuk vaksinasi. 

“PMI Kabupaten Jember akan menyelenggarakan  vaksinasi sendiri untuk membantu mempercepat vaksinasi Covid-19,” kata Zaenal.

Haji Zaenal menambahkan, selama pandemic Covid-19, PMI Kabupaten Jember sudah berupaya sekuat tenaga terlibat langsung maupun tidak langsung dalam upaya pencegahan sampai penanganan Covid-19.

"Begitu Covid-19 muncul PMI kabupaten Jember langsung beraksi, tidak hanya omong tetapi bertindak secara langsung,  Insya Allah PMI ikut berjuang sekuat tenaga dalam melawan Covid-19,” ujarnya.

PMI melakukan sosialisasi, penyemprotan disinfektan, bagi masker, bagi-bagi sprayer, bagi sembako, membantu vaksinasi sampai produksi plasma konvalesen, dan menyediakan mobil jenazah sekaligus tim pengantar jenazah Covid-19.

Sementara, Kepala Klinik Pratama PMI Kabupaten Jember drg Ayu Dwi Anggraheni menjelaskan hal itu menindaktanjuti surat Pengurus Pusat PMI Nomor :1220/KESIlX/2A21,  24 September 2021, tentang : Distribusi Atokasi Vaksin COVID-19 dari Kemenkes Rl untuk PMI Provinsi di Pulau Jawa, Provinsi Aceh dan Provinsi Lampung. Serta hasil rapat koordinasi PMI Provinsi Jawa Timur dengan PMI Pusat dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur .

PMI Kabupaten Jember sudah berkoordinasi secara virtual dengan para pihak terkait dalam  Program Sentra Vaksinasi PMI. “Setelah siap, kami akan segera menyelenggarakan vaksinasi sebagimana Program Sentra Vaksinasi PMI,” ujarnya. 

Komentar0

Type above and press Enter to search.