GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Songsong HBP Ke-60, Rupbasan Kupang Gelar Kegiatan Pemasyarakatan Sehat Melalui Pembersihan Lingkungan Kantor

Wartanesia - Pada momen menyongsong Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Kupang menggelar kegiatan Pemasyarakatan Sehat melalui pembersihan lingkungan kantor, Kamis (18/04). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Rupbasan Kupang tanpa terkecuali.

Kepala Rupbasan (Karupbasan) Kupang, Sahid Andriyanto Arief, menyampaikan bahwa kegiatan Pemasyarakatan Sehat melalui pembersihan lingkungan kantor adalah kegiatan yang dibuat dengan tujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan lingkungan kantor agar seluruh petugas dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan aman dan nyaman serta terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh lingkungan yang kotor.

"Jika lingkungan kerja kita kotor, maka akan membawa dampak negatif bagi para petugas. Mereka akan gampang mengalami sakit dan tentunya akan mempengaruhi kinerja serta produktivitas kerja mereka," tutur Andriyanto.

Andriyanto lanjut menerangkan bahwa kegiatan Pemasyarakatan Sehat melalui pembersihan lingkungan kantor akan sangat mempengaruhi kesadaran petugas terhadap pentingnya kebersihan lingkungan kantor dalam menunjang kesuksesan dalam bekerja.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan pembersihan lingkungan kantor di Rupbasan Kupang lebih difokuskan pada pembersihan ruangan kerja, pembersihan toilet, pembersihan tempat sampah, pembersihan halaman kantor, pembersihan drainase, serta tidak kalah penting dari semuanya itu adalah menyiram dan merawat tanaman bunga serta pepohonan sekitar kantor, sehingga tampak asri dan enak dipandang mata.

"Kalau kantor kita asri dan penuh dengan tanaman bunga serta pepohonan hijau, maka akan mempengaruhi kesehatan kita. Tanaman-tanaman tersebut akan menyegarkan mata kita dan menyiapkan oksigen yang cukup bagi proses metabolisme tubuh," jelasnya.

Lebih lanjut, Andriyanto menyampaikan bahwa jajaran Rupbasan Kupang melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan kantor tidak hanya dalam rangka menyongsong HBP ke-60, tetapi telah dilaksanakan setiap hari sebelum memulai aktivitas kerja kantor, karena menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari perwujudan iman insan bertakwa.

Selanjutnya, seluruh petugas Rupbasan Kupang tampak begitu antusias membersihkan lingkungan kantor, karena mereka sendiri menyadari bahwa kebersihan kantor merupakan tanggung jawab mereka dan jajaran Pemasyarakatan harus membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar atau masyarakat sesuai yang diharapkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. 

- Rupbasan Kupang 

Komentar0

Type above and press Enter to search.