GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Antisipasi Gangguan Kamtib, Lapas Kalabahi Lakukan Pembersihan dan Pemangkasan Ranting Pohon di Area Depan Kantor

Wartanesia - Guna mengantisipasi terjadinya pohon tumbang yang bisa menyebabkan gangguan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) akibat angin kencang yang belakangan terjadi, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi, melakukan kegiatan pemangkasan ranting pohon yang berada di area Lapas Kalabahi, Senin (25/03).

Pemangkasan pohon ini dilakukan oleh Warga Binaan dibawah arahan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, melalui Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Kalabahi, Saverinus A. Rengi dan Staf Urusan Umum Lapas Kalabahi, Antonius Purwanto, kegiatan ini guna mengatasi gangguan kamtib yang bisa ditimbulkan jika pohon yang berada sekitar jalan umum depan Lapas Kalabahi tersebut tumbang atau patah. 

Pemangkasan ranting pohon ini selain untuk mengantisipasi gangguan kamtib, juga agar tampak depan dari Lapas Kalabahi bisa lebih menonjol dan estetik untuk dilihat bagi para pengunjung yang datang ke Lapas Kalabahi.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan bahwa jalan umum depan Lapas Kalabahi merupakan jalan yang cukup padat oleh kendaraan dan orang khususnya di jam-jam tertentu, hal ini dikarenakan posisi Lapas Kalabahi yang berdekatan dengan fasilitas publik seperti sekolah dan kantor dinas kabupaten. Oleh karenanya jalan umum tersebut harus aman dari berbagai potensi gangguan.

"Dengan adanya pemangkasan ranting pohon ini diharapkan para pengendara dan orang yang melintas di jalanan umum depan Lapas Kalabahi bisa lebih aman dan terhindar dari gangguan kamtib seperti pohon tumbang atau patah," ujar Yusup.
 
Kegiatan ini juga menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Dalam banyak kesempatan, Marciana selalu mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk selalu memperhatikan kondisi keamanan dan ketertiban di sekitar UPT. 

Pemangkasan pohon ini berhasil menjadikan tampak depan Lapas Kalabahi lebih estetik juga jalan umum yang dilintasi oleh banyak pengendara dan orang menjadi lebih aman untuk dilewati. 

- Lapas Kalabahi

Komentar0

Type above and press Enter to search.