GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Kunjungi Rutan Palu, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Tinjau dan Beri Apresiasi Program Pembinaan WBP

Wartanesia - Kunjungi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palh, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar tinjau dan beri apresiasi atas program pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Sabtu, (2/11/2023) pagi.

Dalam kunjungan perdananya tersebut, Kakanwil Hermansyah disambut langsung oleh Kepala Rutan Palu, Yansen beserta jajaran.

Kakanwil pun meninjau berbagai fasilitas dan sarana prasarana penunjang berjalannya program pemasyarakatan, seperti ruangan kunjungan, klinik kesehatan, dapur, hingga hal teknis lainnya seperti pengecekan berbagai sistem data base pemasyarakatan.

“Sangat baik, apresiasi setinggi-tingginya atas lancarnya program pemasyarakatan disini, ini harus terus ditingkatkan,” pesan Kakanwil.

Menurutnya, peranan Rutan Palu bukan hanya memastikan bahwa setiap hak dari WBP terpenuhi dengan baik, namun, juga turut berkewajiban menyiapkan para WBP agar memiliki kapasitas diri yang mumpuni guna menunjang kesejahteraan hidupnya saat keluar dari Rutan Palu.

“Pesan untuk semua jajaran pemasyarakatan, bahwa para WBP kita mesti memiliki kemampuan untuk bisa hidup mandiri, hidup lebih baik ketika telah keluar dari sini. Siapkan mereka semua agar bisa memimpin ditengah-tengah keluarga dan masyarakat, mereka harus terbebas dari stigma negatif,” jelas Kakanwil.

Sementara itu, Kepala Rutan Palu pun mengaku bersyukur atas kunjungan tersebut, ia menyebut akan memastikan berbagai pembinaan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kehidupan WBP ketika telah kembali di tengah masyarakat.

“Saran dan dukungan dari bapak sangat memotivasi kami, kita akan terus berusaha memberikan pembinaan yang lebih baik,” ungkap Yansen.

Ada yang istimewa dalam kunjungan itu, dengan penuh suka cita, Kakanwil Hermansyah turut melakukan komunikasi serta bernyanyi bersama para WBP.

“Senang mendengar mereka semua sehat-sehat, ini berarti pemenuhan hak mereka benar-benar terpenuhi dengan baik,” pungkas Kakanwil.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng

Komentar0

Type above and press Enter to search.