GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Rutan Pelaihari Gelar Peringatan Upacara Kesaktian Pancasila Tahun 2023: Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju

 Rutan Pelaihari Gelar Peringatan Upacara Kesaktian Pancasila Tahun 2023: Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju

Pelaihari, INFO_PAS - Dalam semangat memperingati hari Kesaktian Pancasila, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pelaihari menggelar upacara dengan tema "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju", Senin (2/10/2023). Acara yang digelar di Lapangan Arena Olahraga Rutan Pelaihari ini dihadiri oleh seluruh petugas, warga binaan pemasyarakatan, dan anggota Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan Rutan Pelaihari.

Kepala Rutan Pelaihari, Fani Andika, bertindak sebagai Inspektur Upacara yang memimpin jalannya kegiatan. Upacara dimulai dengan momen mengheningkan cipta, yang kemudian diikuti oleh pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara serta diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta upacara.

Tak hanya itu, pembacaan Teks Pembukaan Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan naskah ikrar turut mengisi momen sakral tersebut. Acara pun semakin bersemangat dengan penyematan tanda kenaikan pangkat bagi dua orang petugas Rutan Pelaihari, yaitu Yuniar Silvarani dan Jamil Pasha, yang diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat.

Penghargaan Pegawai Teladan Perode Triwulan III Tahun 2023 juga menjadi salah satu sorotan dalam acara tersebut, diberikan kepada 3 orang pegawai Rutan Pelaihari yang berprestasi, yaitu Muhammad Erwan Novrian Putra, Muhummad Fajar, dan Titin Partini. Prestasi mereka diakui atas tanggung jawab, dedikasi, loyalitas, dan pengabdannya terhadap penegakan disiplin dan integritas dalam pelaksanaan tugas di UPT ini.

Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly, turut memberikan amanat yang memberi penekanan pada pentingnya Pancasila sebagai pilar utama penyatuan bangsa Indonesia, amanat tersebut dibacakan oleh Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, beliau menyatakan, "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju, Indonesia adalah Negara yang dikenal dengan kekayaan keberagamannya baik itu agama, ras, suku, serta adat istiadat. Hal inilah yang membuat Pancasila bisa menjadi ideologi yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan melalui nilai yang tercantum dalam Pancasila."

Upacara berakhir dengan pembacaan doa, mengakhiri rangkaian kegiatan dengan keheningan dan khidmat. Lagu Andhika Bhayangkari pun menggema, memantapkan semangat kesatuan dan kebangsaan di hati seluruh peserta.

Dengan peringatan ini, Rutan Pelaihari kembali mengingatkan akan pentingnya Pancasila sebagai landasan moral dan nilai-nilai luhur yang mengikat seluruh warga negara Indonesia, menuju kemajuan dan persatuan bangsa.


Kontributor: Tim Humas Rutan Pelaihari


Komentar0

Type above and press Enter to search.