GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

HDKD Ke-78 Tahun 2023, Pernakes Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Bakti Sosial Pengentasan Stunting Bersama Puskesmas Bulili Palu

  HDKD Ke-78 Tahun 2023, Pernakes Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Bakti Sosial Pengentasan Stunting Bersama Puskesmas Bulili Palu

PALU_Perhimpunan Tenaga Kesehatan (Pernakes) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) gelar bakti sosial pengentasan stunting bersama Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bulili Palu, Senin, (24/7) pagi. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Bhakti Dharma Karya Dhika (HDKD) atau Hari Lahir Kemenkumham Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023.

Dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Budi Argap Situngkir, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu dr. Rohmat Munawar, Kepala Puskesmas Bulili Agustina dan Ketua Penasihat Pernakes Pengayoman Sulteng dr. Monalisa Manik, kegiatan tersebut turut diikuti oleh para Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Keimigrasian se-Kota Palu, Sigi dan Donggala dan berbagai ibu hamil, balita serta penyandang disabilitas di Kota Palu yang tercatat sebanyak 55 Orang.

Digelar di Ruang Pertemuan Puskesmas Bulili, para peserta mendapatkan penyuluhan pencegahan stunting serta pembagian sembako berupa suplemen asupan makanan yang sarat akan vitamin dan zat gizi yang diperlukan oleh kedua kelompok tersebut.

“Kami terus mengupayakan agar program prioritas Pemerintah berjalan dengan baik, melalui kegiatan ini, kami menyadari bahwa pengentasan Stunting sangatlah penting, bukan hanya mengkhawatirkan tumbuh tingginya tidak optimal, kami sangat prihatin kalau dari hal ini berdampak kurang baiknya pembentukan otak anak, pastinya itu akan mempengaruhi menurunnya kecerdasan dari mereka,” ungkap Kakanwil.

Sementara itu, Agustina juga mengapresiasi atas kepedulian jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng yang terus berkolaborasi bersama pihaknya, persoalan stunting hingga pemenuhan hak kesehatan bagi warga binaan yang berada di Lembaga Pemasyarakatan menjadi perhatian bersama.

“Dari kebutuhan kesehatan WBP, masalah virus Covid-19, hingga persoalan Stunting, kami sangat bersyukur bahwa kolaborasi kita berjalan dengan sangat baik,” ujarnya.

Senada, dr. Rohmat pun mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang terjalin, ia berharap agar melalui kegiatan tersebut dapat berdampak makin suksesnya Kemenkumham RI.

“Telah banyak kerja nyata yang kita telah lakukan bersama, semoga saja terus terjalin dan melalui kegiatan ini dapat pula menambah suksesnya Kemenkumham memberikan pelayanan dan kepercayaan bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Kakanwil Kemenkumham Sulteng juga menerangkan bahwa dalam rangka peringatan Hari Kemenkumham RI yang diperingati tanggal 19 Agustus setiap tahunnya, pihaknya telah menyiapkan kegiatan lainnya, ia menambahkan kegiatan Baksos akan menjangkau beberapa Panti Asuhan dari setiap lintas agama di Kota Palu.

“Rencana Sore ini kami akan berkunjungan kelima Panti Asuhan disetiap lintas agama di Kota Palu, ini adalah bentuk kepedulian kami tentang pentingnya persatuannya bersama,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut pun berjalan dengan atraktif, para peserta bukan hanya mendapatkan paket sembako serta suplemen vitamin tambahan, namun turut menerima sosialisasi kesehatan yang dipaparkan oleh dr. Cristine.


Humas Kanwil Kemenkumham Sulteng

Komentar0

Type above and press Enter to search.