GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Sambangi Kecamatan Tinombo, Kanwil Kemenkumham Sulteng Gencarkan Pembinaan Desa Sadar Hukum

Sambangi Kecamatan Tinombo, Kanwil Kemenkumham Sulteng Gencarkan Pembinaan Desa Sadar Hukum


PARIGI_Sambangi Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) Gencarkan Pembinaan Desa Sadar Hukum, Jum’at, (9/6) pagi.


Hal tersebut diketahui saat Safrudin selaku Penyuluh Hukum Madya Kanwil Kemenkumham Sulteng melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum kepada 3 Desa yakni Desa Tada Selatan, Tada dan Desa Poly yang berada di Kecamatan Tinombo.


Didampingi langsung oleh pejabat teras Kecamatan Tinombo serta berbagai perangkat Desa, Safrudin menerangkan bahwa Kemenkumham Sulteng yang saat ini dipimpin oleh Budi Argap Situngkir terus berupaya untuk meningkatkan pembinaan desa sadar hukum diseluruh wilayah di Sulawesi Tengah, ia juga menambahkan bahwa bersamaan dengan hal itu, pemahaman terkait akses bantuan hukum juga menjadi fokus perhatiannya.


“Semuanya menjadi perhatian kita, apalagi pembinaan desa sadar hukum ini sangatlah penting bagi kemajuan desa itu sendiri, kita ingin membangun pemahaman bahwa hukum di Indonesia ini bukan hanya sebagai aturan belaka saja, akan tetapi merupakan salah satu agar masyarakat dapat hidup damai berdampingan,” terangnya.


Lebih lanjut, Safrudin juga menyampaikan bahwa salah satu indikator dari suksesnya pembinaan desa sadar hukum, sangat berkaitan dengan optimalnya peran Paralegal atau para pemimpin dari setiap desa yakni Camat maupun Kepala Desa.


“Kami juga mendorong agar para camat dan kepala desa dapat menjadi paralegal yang baik, dimana paralegal sendiri berperan penting untuk melakukan mediasi terhadap persoalan hukum yang terjadi di masyarakat,” imbuhnya.


Humas Kanwil Kemenkumham Sulteng

Komentar0

Type above and press Enter to search.