GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Lapas Banjarbaru Sambut Safari Ramadan Kakanwil Kemenkumham Kalsel

Wartanesia – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru kedatangan Safari Ramadan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Taufiqurrakhman, Jumat (29/3). Kedatangan Kakanwil tersebut disambut oleh Kepala Lapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa, beserta jajaran Pejabat Struktural.

Safari Ramadan Kakanwil dilakukan dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 sekaligus meninjau sarana pelayanan dan pembinaan bagi Warga Binaan, seperti Klinik Pratama, Dapur Sehat dan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE). Kemudian, Kakanwil juga buka puasa bersama, salat magrib, isya, dan tarawih berjamaah di Masjid Al-Ikhlas Lapas Banjarbaru. 

Dalam sambutannya, Taufiqurrakhman memperkenalkan diri kepada Warga Binaan sebagai Kakanwil yang baru. "Saya baru 3 hari berada di Bumi Lambung Mangkurat, mohon dukungan semuanya. Semoga keberadaan saya di tanah borneo ini dapat bermanfaat, terutama bagi seluruh jajaran Lapas dan Rutan di Kalsel," ucapnya.

Kakanwil juga memberikan motivasi kepada warga binaan untuk menjalani kehidupan selama menjalani masa pidana. "Saya berharap saudara tetap semangat walaupun sedang berada di dalam Lapas, jangan hilang semangatnya apalagi putus asa, jangan. Masih banyak peluang saudara untuk menjadi sukses ketika kembali ke masyarakat nanti," tuturnya. 

"Saya tadi sudah berkeliling melihat Klinik Pratama, Dapur, dan SAE, hal itu bisa lebih ditingkatkan lagi. Jadi, tolong keberadaan saudara di Lapas Banjarbaru ini diisi dengan kegiatan yang positif," sambungnya.

Ia mengajak warga binaan untuk selalu meningkatkan keimanan dan  ketakwaan dengan melakukan ibadah puasa. "Ramadan adalah bulan yang penuh ampunan dan keberkahan, ini merupakan kesempatan bagi kita untuk mengurangi dosa. Semoga dengan berpuasa, keimanan dan ketakwaan kita semakin bertambah," tuturnya. 

Kakanwil juga menghimbau warga binaan untuk senantiasa mentaati peraturan dan tata tertib di Lapas Banjarbaru. "Jangan sampai ada pikiran-pikiran negatif yang dapat disalahgunakan. Bantu para petugas untuk menjaga situasi Lapas agar tetap aman, kondusif, tertib, penuh kerukunan, dan rasa persaudaraan," pungkas Taufiqurrakhman.

Pada kesempatan sama, Kalapas Banjarbaru, Wayan mengucapkan terima kasih atas Safari Ramadan Kakanwil tersebut. "Banyak masukan dan arahan penting dari Pak Kakanwjl, khususnya terkait pelayanan, pembinaan, dan keamanan Lapas. Tentu ini sangat penting dalam melaksanakan tugas dengan semangat dan penuh tanggung jawab," ungkap Wayan.

Turut hadir mendampingi Safari Ramadan Kakanwil, diantaranya Said Mahdar selaku Kadivpas, Candra Afriandi Achmad selaku Kadivmin, Ramlan Harun selaku Kadiv Yankumham, Sugito selaku Kabid Pembinaan, Wahyu Susetyo selaku Kalapas Narkotika Karang Intan, Lilis Yuaningsih selaku Kalapas Perempuan Martapura, dan Heddry Yadi selaku Karupbasan Banjarmasin.

- Lapas Banjarbaru

Komentar0

Type above and press Enter to search.