GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Si Wali Klien Antarkan Kepala Bapas Tarakan Raih Prestasi Istimewa Peringkat II

Wartanesia - Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan, Andik Dwi Saputro, berhasil harumkan nama Provinsi Kalimantan Utara setelah menyabet penghargaan Prestasi Istimewa Peringkat II pada Rabu (29/11/2023). Torehan apik tersebut ia peroleh dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan III Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara.

Lewat inovasi yang ia namai Si Wali Klien (Sistem Wajib Lapor Virtual Klien), Andik menghadirkan kemudahan bagi Klien Pemasyarakatan yang berada di luar pulau Tarakan untuk melaksanakan wajib lapor. Mengingat Bapas Tarakan adalah Bapas satu-satunya di Provinsi Kalimantan Utara, Si Wali Klien menjadi media bagi Pembimbing Kemasyarakatan (PK) melaksanakan fungsi pembimbingan kemasyarakatan terhadap Klien. Berkat manfaat tersebut, Wali Kota Tarakan, Khairul, dan Ketua DPRD Kota Tarakan, Al Rhazali, mendukung dan mengapresiasi inovasi tersebut.

Si Wali Klien bermula dari kegelisahan Andik melihat bahwa Klien yang berada di luar pulau Tarakan tetap memiliki hak untuk mendapatkan pembimbingan kemasyarakatan seperti halnya Klien yang berada di Kota Tarakan. "Era teknologi seperti saat ini memudahkan kita untuk menjalankan tugas dan fungsi kita di Bapas. Semoga dengan adanya Si Wali Klien ini mampu mewujudkan pelayanan yang prima kepada Klien di luar pulau Tarakan," harapnya.
Si Wali Klien juga merupakan hasil buah kerja sama antarsatker di Kalimantan Utara, yaitu Bapas Tarakan, Lapas Tarakan, dan Lapas Nunukan. Selama ini, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendapatkan Bebas Bersyarat dari Lapas kurang memahami mengenai kewajibannya untuk melaksanakan laporan ke Bapas. Oleh karena itu, Bapas menjalin sinergi dengan Lapas Tarakan dan Lapas Nunukan untuk langsung memberikan sosialisasi kepada WBP agar nanti saat berubah status menjadi Klien memahami kewajibannya untuk melaksanakan lapor ke Bapas Tarakan.

Keberhasilan Andik peroleh penghargaan ini tak lepas dari dukungan Pujo Harinto selaku Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dan bimbingan mentor, Heri Azhari, selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur.  

Menanggapi raihan prestasinya, Andik menghaturkan syukur lagi terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya. "Alhamdulillah atas penghargaan yang sudah saya terima. Penghargaan ini tidak mungkin saya dapatkan tanpa bantuan dan dukungan dari Pak Direktur, Pak Kadivpas, Pak Wali Kota, dan pihak-pihak lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Apresiasi juga untuk teman-teman Tim Kreatif Bapas Tarakan berkat kerja sama selama ini", pungkasnya.

- Bapas Tarakan

Komentar0

Type above and press Enter to search.