GpdiGSz7Gpz0GUY7BSd5TSdoTd==

Pegawai Rutan Kandangan Tampil Gemilang dengan Juara Harapan 1 Lomba Debat Bahasa Inggris

Memperingati Dies Natalis Ke-39 Universitas Terbuka berlangsung pada bulan 5 Juni – 29 Agustus 2023. DISPORSENI atau Diskusi Ilmiah, Pekan Olah Raga, dan Seni Nasional Universitas Terbuka 2023 adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang ilmiah, olahraga, dan seni, juga menjadi ajang pencarian bakat, minat, dan kreativitas mahasiswa.

Kegiatan ini rutin diselenggarakan tiap tahun dan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Universitas Terbuka saja, tetapi juga diikuti mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta dari berbagai daerah. Tahun ini, DISPORSENI Nasional Universitas Terbuka juga melibatkan partisipasi para siswa SMA/SMK/sederajat yang diundang oleh Universitas Terbuka di seluruh Indonesia. Dengan melibatkan berbagai perguruan tinggi dan SMA/SMK/sederajat, diharapkan dapat meningkatkan rasa kompetitif antarpeserta. Keterlibatan perguruan tinggi lain tersebut diharapkan juga menjadi ajang silaturahmi serta mempererat hubungan antarmahasiswa dan universitas. Sementara keterlibatan siswa SMA/SMK/sederajat diharapkan dapat memperkenalkan Universitas Terbuka di kalangan masyarakat.

Pegawai Rutan Kandangan Tampil Gemilang dengan Juara Harapan 1 Lomba Debat Bahasa Inggris

Rutan Kandangan selalu mendukung prestasi dan kemajuan pegawainya. Salah satunya adalah M. Rizkan Nafarin sebagai seorang sipir penjara, Rizkan (akrab disapa) juga aktif melanjutkan pendidikan di fakultas ilmu hukum Universitas Terbuka Banjarmasin dimana ia dan  rekan timnya Habiburrahman Al-Farabi berhasil lolos seleksi lomba debat bahasa Inggris DISPORSENI UT tahun 2023 hingga final mengalahkan 21 tim dari universitas dan UPBJJ UT. Rizkan tidak menyangka bahwa dirinya mampu lolos ke final debat bahasa Inggris. Itu adalah prestasi yang amat membanggakan bagi instansi Kemenkumham khususnya Kanwil Kalsel.

Selain berhasil masuk final lomba debat bahasa Inggris, Rizkan dan Habib juga memperoleh gelar juara harapan 1 dan 2nd Best Speaker. Meskipun ditengah kesibukannya sebagai sipir penjara, Rizkan tetap meluangkan waktu untuk berlatih dan bertanding setelah pulang bekerja sehingga ia dapat bertanding dengan maksimal. Rutan Kandangan terus mendorong pegawai - pegawainya untuk melanjutkan pendidikan ke jenajang yang lebih tinggi sembari menjalankan tugas secara maksimal.

Kegiatan DISPORSENI diselenggarakan dengan beberapa cabang perlombaan dan pertandingan yang terdiri dari Olimpiade Sains, Lomba Debat Bahasa Inggris, Lomba Debat Hukum, Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, Pertandingan Catur Online,  Pertandingan Mobile Legends, Lomba Seni Tari, Lomba Seni Suara, Lomba TikTok Edukatif, dan Lomba Tilawatil Qur’an. Khusus untuk SLTA/sederajat kegiatan dilakukan diantaranya Olimpiade Sains SMA, Lomba Debat Bahasa Inggris, Lomba Seni Tari dan Lomba Tik Tok Edukatif SMA, Pertandingan Tenis Meja dan Pertandingan Basket.

Keberhasilan Rizkan dalam meraih juara harapan 1 debat bahasa Inggris di tingkat nasional, menjadi semangat dan contoh bagi pegawai  lainnya dalam menorehkan prestasi dan citra baik untuk institusi sehingga upaya positif yang dilakukan oleh para pegawai khususnya ASN muda patutlah mendapatkan apresiasi dan dukungan dari semua pihak.

Komentar0

Type above and press Enter to search.